Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tempat Pembuatan Darah Sebelum Terbentuknya Plasenta pada Embrio Adalah

Papasocol.com - Embrio manusia memerlukan darah untuk bertahan hidup. Namun, sebelum plasenta terbentuk, embrio harus membuat darahnya sendiri. Maka dari itu, terdapat tempat pembuatan darah pada embrio manusia sebelum terbentuknya plasenta.

Tempat Pembuatan Darah Pada Embrio Manusia

Tempat pembuatan darah pada embrio manusia terdapat di dalam mesoderm, lapisan sel di antara endoderm dan ectoderm. Mesoderm berkembang pada minggu ketiga kehamilan dan menjadi tempat terbentuknya jantung, pembuluh darah, ginjal, dan sistem saraf pusat.

Tempat Pembuatan Darah Sebelum Terbentuknya Plasenta pada Embrio Adalah


Pada minggu keempat kehamilan, sel-sel dalam mesoderm mulai mengalami spesialisasi untuk membentuk darah. Sel-sel ini disebut sel-sel stem hematopoietik, yang merupakan sel induk yang dapat berkembang menjadi berbagai jenis sel darah seperti sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Peran Faktor Pertumbuhan dalam Pembentukan Darah Pada Embrio

Proses pembentukan darah pada embrio dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor pertumbuhan. Faktor pertumbuhan adalah protein yang diproduksi oleh sel-sel dalam tubuh dan berfungsi untuk merangsang pertumbuhan dan diferensiasi sel-sel dalam pembentukan darah.

Beberapa jenis faktor pertumbuhan yang terlibat dalam pembentukan darah pada embrio adalah faktor pertumbuhan hematopoietik (HGF), faktor pertumbuhan endothelial vaskular (VEGF), dan faktor pertumbuhan fibroblast (FGF).

Tempat pembuatan darah pada embrio manusia sebelum terbentuknya plasenta adalah dalam mesoderm. Sel-sel stem hematopoietik dalam mesoderm berperan penting dalam pembentukan darah. Proses pembentukan darah pada embrio dipengaruhi oleh berbagai faktor pertumbuhan seperti HGF, VEGF, dan FGF. Pengetahuan tentang tempat pembuatan darah pada embrio manusia dapat membantu kita memahami proses pembentukan darah dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan sel darah. 

Post a Comment for "Tempat Pembuatan Darah Sebelum Terbentuknya Plasenta pada Embrio Adalah"