Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanah Laterit Banyak Terdapat Di Pedalaman Kalimantan Sebab Daerah Tersebut ?

Papasocol.com - Tanah laterit merupakan tipe tanah yang tercipta dari hasil pelapukan batuan basalt, granit, ataupun lahar yang terjalin karena terdapatnya akibat cuaca serta hawa yang ekstrim. Tanah ini mempunyai identitas berbentuk warna merah kecoklatan, komposisi agresif, dan isi faktor hara yang kecil.

Tanah Laterit Banyak Terdapat Di Pedalaman Kalimantan Sebab Daerah Tersebut


Karena Tanah Laterit Banyak Ada di Pedalaman Kalimantan

Pedalaman Kalimantan diketahui selaku wilayah yang banyak akan tanah laterit. Perihal ini diakibatkan oleh sebagian aspek, antara lain:


Hawa Tropis

Wilayah pedalaman Kalimantan mempunyai hawa tropis dengan curah hujan yang besar. Perihal ini menimbulkan cara pelapukan batuan terjalin lebih kilat serta intens, alhasil membuat susunan tanah laterit yang tebal.

Tipe Batuan

Pedalaman Kalimantan pula mempunyai tipe batuan yang amat sesuai buat membuat tanah laterit, semacam batuan basalt serta granit. Batuan- batuan ini mempunyai isi mineral yang besar, alhasil sehabis hadapi cara pelapukan akan membuat tanah yang kaya akan faktor hara.

Topografi

Topografi wilayah daerah terpencil Kalimantan yang berbukit- bukit serta beriak pula berfungsi penting dalam penyusunan tanah laterit. Pada wilayah yang datar, air hujan hendak kilat mengalir serta bawa mineral serta faktor hara ke dasar. Tetapi, pada wilayah yang berbukit, mineral serta faktor hara itu hendak terjebak di lapisan tanah atas, alhasil membuat tanah laterit yang banyak hendak faktor hara.

Potensi Tanah Laterit di Pedalaman Kalimantan

Walaupun mempunyai ciri- ciri yang kurang bagus, tetapi tanah laterit mempunyai kemampuan yang besar buat dijadikan tanah pertanian. Isi mineral serta faktor hara yang tercantum dalam tanah laterit dapat ditingkatkan dengan melaksanakan pengerjaan tanah dengan cara intensif, semacam pemupukan serta pengerjaan organik.

Eksploitasi Tanah Laterit di Daerah Terpencil Kalimantan

Di hulu Kalimantan, tanah laterit banyak digunakan buat tanah pertanian, spesialnya buat menanam padi serta buah- buahan semacam durian, rambutan aceh, serta manggis. Tidak hanya itu, tanah laterit pula dipakai selaku tanah perkebunan kelapa sawit serta karet.

Dalam pengelolaannya, orang tani di daerah terpencil Kalimantan pula meningkatkan metode pertanian berkesinambungan yang ramah area serta kurangi pemakaian materi kimia. Mereka pula mencampurkan tumbuhan perkebunan dengan tumbuhan pangan semacam jagung serta kacang hijau buat memaksimalkan eksploitasi tanah.


Penutup:

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan kalau tanah laterit memanglah banyak ada di pedalaman Kalimantan sebab hawa, tipe batuan, serta topografi wilayah itu. Walaupun mempunyai identitas kurang bagus, tetapi tanah laterit memiliki

kemampuan yang besar buat dijadikan tanah pertanian serta dapat dimaksimalkan lewat pengerjaan tanah yang pas. Di pedalaman Kalimantan sendiri, orang tani sudah meningkatkan metode pertanian yang ramah area serta memaksimalkan eksploitasi tanah dengan mencampurkan tumbuhan perkebunan dengan tumbuhan pangan.

Tidak hanya itu, pengurusan tanah pertanian di banat Kalimantan pula butuh dicoba dengan metode yang berkepanjangan, sebab tanah laterit yang tercipta dari cara pelapukan batuan yang menyantap durasi lama amatlah rentan kepada abrasi serta kehancuran.

Dengan menggunakan kemampuan tanah laterit dengan bijaksana serta berkepanjangan, diharapkan bisa tingkatkan keselamatan orang tani di daerah terpencil Kalimantan serta sekalian membenarkan area dekat lewat aplikasi pertanian yang berkepanjangan serta ramah lingkungan.

Post a Comment for "Tanah Laterit Banyak Terdapat Di Pedalaman Kalimantan Sebab Daerah Tersebut ?"