Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Oleh Oleh Khas Makasar Wajib Kamu Beli

Oleh oleh khas makasar - Makassar merupakan pusat kota provinsi Sulawesi Selatan serta salah satu kota terbanyak di Indonesia. Makassar mempunyai asal usul yang jauh serta banyak selaku pusat perdagangan, adat, serta politik di area timur Indonesia. Makassar pula diketahui selaku kota yang ramah, lapang dada, serta beraneka ragam, dengan warga yang terdiri dari bermacam kaum, agama, serta kerangka balik.

Sejarah singkat Makassar

Makassar berawal dari tutur Mangkasara, yang berarti" besar" ataupun" agung" dalam bahasa setempat. Julukan ini melukiskan watak warga Makassar yang bernyawa besar, jujur, serta berterus jelas. Makassar mulai bertumbuh selaku kota dermaga pada era ke- 16, kala 2 kerajaan besar di Sulawesi Selatan, ialah Gowa serta Tallo, bersuatu serta membuat Kerajaan Gowa- Tallo ataupun Kerajaan Makassar. Kerajaan ini setelah itu jadi salah satu daya bahari terbanyak di Asia Tenggara, dengan armada kapal yang diketahui selaku pinisi. Pinisi merupakan kapal layar konvensional yang terbuat dari kusen dengan metode spesial yang diakui oleh UNESCO selaku peninggalan adat bumi.

oleh oleh khas makasar


Kerajaan Makassar pula populer selaku pusat penyebaran Islam di area timur Indonesia, semenjak Raja Gowa ke- 14, Baginda Alauddin, merangkul agama Islam pada tahun 1605. Kerajaan ini pula menjalakan ikatan bisnis serta kebijaksanaan dengan bermacam bangsa asing, semacam Portugis, Inggris, Belanda, Denmark, Prancis, Cina, India, Arab, serta lain- lain. Kerajaan ini pula berkawan dengan kerajaan- kerajaan lain di Nusantara, semacam Malaka, Banten, Bali, serta lain- lain.

Tetapi, kesuksesan Kerajaan Makassar tidak berjalan lama. Pada tahun 1667, Kerajaan Makassar dikalahkan oleh VOC( Vereenigde Oostindische Compagnie) ataupun Kompeni Belanda dalam Akad Bungaya. Akad ini memberhentikan perang antara Makassar serta Belanda yang berjalan sepanjang 20 tahun. Akad ini pula memberhentikan independensi perdagangan Makassar serta mewajibkan mereka melunasi persembahan pada Belanda. Tidak hanya itu, akad ini pula mencegah Makassar buat menjalakan ikatan dengan bangsa asing yang lain.

Sehabis itu, Makassar jadi bagian dari Hindia Belanda sampai Indonesia merdeka pada tahun 1945. Pada era peperangan kebebasan Indonesia, Makassar jadi salah satu dasar aksi patriot serta perlawanan kepada kolonialis. Salah satu figur patriot yang berawal dari Makassar merupakan Andi Abdul Azis Mochtar Lutfi( Andi Djemma), yang jadi atasan Angkatan Keamanan Orang( TKR) di Sulawesi Selatan.

Pada era Sistem Lama serta Sistem Terkini, Makassar hadapi kemajuan ekonomi serta sosial yang lumayan cepat. Pada tahun 1971, julukan kota ini ditukar jadi Akhir Penglihatan oleh penguasa Sistem Terkini buat menghilangkan jejak penjajahan Belanda. Julukan Akhir Penglihatan didapat dari julukan baluarti pertahanan Kerajaan Gowa yang terdapat di akhir barat kota ini.

Tetapi, pada tahun 1999, julukan kota ini dikembalikan jadi Makassar oleh penguasa masa pembaruan buat meluhurkan asal usul serta bukti diri warga setempat. Julukan Makassar pula lebih terkenal di golongan warga lokal ataupun nasional.

Letak geografis Makassar

Makassar terdapat di bagian selatan pulau Sulawesi, mengarah ke Antara Makassar. Kota ini mempunyai besar area dekat 175, 77 kilometer persegi serta terletak pada ketinggian 0- 25 m di atas dataran laut. Kota ini mempunyai hawa tropis dengan temperatur hawa pada umumnya antara 20- 32 bagian Celcius. Kota ini pula mempunyai 2 masa, ialah masa hujan serta masa gersang.

Kota Makassar berbatasan dengan Kabupaten Maros di sisi utara serta timur, Kabupaten Gowa di sisi selatan, serta Antara Makassar di sisi barat. Kota ini dibagi jadi 15 kecamatan serta 153 kelurahan. Kecamatan- kecamatan di Kota Makassar merupakan selaku selanjutnya:

  • Biringkanaya
  • Bontoala
  • Kepulauan Sangkarrang
  • Makassar
  • Mamajang
  • Manggala
  • Mariso
  • Panakkukang
  • Rappocini
  • Tallo
  • Tamalanrea
  • Tamalate
  • Ujung Pandang
  • Ujung Tanah
  • Wajo

Kota Makassar mempunyai sebagian pulau kecil yang terdapat di dekat kota ini, semacam Pulau Khayangan, Pulau Lae- Lae, Pulau Samalona, Pulau Kodingareng, serta Pulau Barrang Lompo. Pulau- pulau ini ialah destinasi darmawisata yang menarik untuk para wisatawan yang mau menikmati keelokan alam serta laut.

Kota Makassar pula mempunyai sebagian bengawan yang mengalir di dalam kota ini, semacam Bengawan Tallo, Bengawan Jeneberang, Bengawan Pampang, Bengawan Bonto Somba, serta Bengawan Bonto Marannu. Sungai- sungai ini mempunyai kedudukan berarti dalam kehidupan warga Makassar, bagus selaku pangkal air, alat pemindahan, ataupun tempat darmawisata

Oleh Oleh Khas Makassar

Makassar tidak cuma populer dengan asal usul serta keelokan alamnya, namun pula dengan bawaan khasnya yang enak serta menggugah hasrat. Bawaan khas Makassar merupakan santapan ataupun minuman yang berawal dari Makassar ataupun mempunyai karakteristik khas Makassar. Bawaan ini umumnya dibawa oleh para turis yang bertamu ke Makassar selaku buah tangan ataupun cenderamata buat keluarga, sahabat, ataupun partner di wilayah asal mereka. Bawaan khas Makassar pula ialah salah satu energi raih darmawisata kuliner di kota ini.

Jenis-jenis oleh-oleh khas Makassar

Selanjutnya merupakan sebagian oleh oleh khas Makassar yang sangat terkenal serta dicari oleh para turis:

Coto Makassar

Coto Makassar merupakan santapan berbentuk sup daging lembu yang dimasak dengan bahan bumbu semacam kunyit, jahe, serai, lengkuas, ketumbar, serta lain- lain. Coto Makassar dihidangkan dengan kupat, bawang goreng, daun bawang, serta sambal tauco. Coto Makassar mempunyai rasa yang enak, pedas, serta hangat. Coto Makassar pula diketahui selaku santapan yang bergizi serta menyehatkan sebab memiliki protein, zat besi, serta vit.

Pisang Epe

Pisang Epe merupakan santapan berbentuk pisang yang dipanggang di atas kobaran api sampai matang serta ceper. Pisang Epe setelah itu disiram dengan saus gula merah yang dicampur dengan santan, kerneli, serta kusen manis. Pisang Epe mempunyai rasa yang manis, lezat, serta wangi. Pisang Epe pula ialah santapan yang gampang terbuat serta ekonomis hidup.

Kapurung

Kapurung merupakan santapan berbentuk puding bertam yang dicampur dengan sayur- mayur semacam kangkung, bayam, daun ketela pohon, serta daun pepaya. Kapurung dihidangkan dengan kuah santan yang dibumbui dengan cabe, bawang merah, bawang putih, garam, serta gula. Kapurung mempunyai rasa yang asam, pedas, serta enak. Kapurung pula ialah santapan yang banyak serat serta kecil kalori.

Sarabba

Sarabba merupakan minuman berbentuk wedang jahe yang dicampur dengan santan, gula merah, telur ayam anom, serta bumbu semacam kusen manis, cengkeh, kapulaga, serta pala. Sarabba mempunyai rasa yang manis, pedas, serta hangat. Sarabba pula ialah minuman yang bagus buat kesehatan sebab bisa menghangatkan badan, tingkatkan energi, serta memulihkan masuk angin.

Pisang Ijo

Pisang Ijo merupakan santapan berbentuk pisang yang disampul dengan adukan aci beras yang diberi perona hijau. Pisang Ijo setelah itu direbus sampai matang serta dihidangkan dengan saus santan manis yang dicampur dengan sirup merah. Pisang Ijo mempunyai rasa yang manis, halus, serta fresh. Pisang Ijo pula ialah santapan yang sesuai buat dikonsumsi dikala cuaca panas.

Keunikan oleh-oleh khas Makassar

Oleh oleh khas Makassar mempunyai karakteristik tertentu yang membedakannya dari bawaan khas wilayah lain. Karakteristik itu antara lain merupakan:

Bahan-bahan utama

Bawaan khas Makassar memakai materi- materi penting yang bermutu serta khas dari wilayah ini, semacam daging lembu, pisang, bertam, santan, gula merah, serta bumbu. Materi- materi ini membagikan perasaan rasa serta aroma yang khas serta menggoda hasrat. Materi- materi ini pula gampang diperoleh serta kuat lama, alhasil sesuai buat dijadikan bawaan.

Cara pembuatan

Oleh oleh khas Makassar terbuat dengan metode yang konvensional serta bebuyutan dari angkatan ke angkatan. Metode pembuatan ini mengaitkan teknik- teknik spesial yang membutuhkan kemampuan serta ketabahan, semacam memanggang pisang epe di atas kobaran api, membuat adukan pisang ijo dengan perona natural, ataupun menggojlok telur ayam anom buat sarabba. Metode pembuatan ini melindungi mutu serta kemurnian dari bawaan khas Makassar.

Rasa khas dan tekstur

Bawaan khas Makassar mempunyai rasa khas yang beraneka ragam serta cocok dengan hasrat warga Indonesia. Terdapat yang enak, pedas, manis, asam, ataupun campuran dari seluruhnya. Bawaan khas Makassar pula mempunyai komposisi yang berbeda- beda, terdapat yang halus, elastis, renyah, ataupun padat. Rasa khas serta komposisi ini membuat bawaan khas Makassar jadi enak serta nikmat.

Popularitas oleh-oleh khas Makassar

Bawaan khas Makassar amat terkenal di golongan warga Indonesia ataupun mancanegara. Bawaan ini banyak dicari oleh para turis yang bertamu ke Makassar selaku fakta kalau mereka sudah mendatangi kota ini. Bawaan ini pula banyak disukai oleh para penggemar kuliner yang mau mencicipi santapan serta minuman khas Makassar tanpa wajib tiba ke situ. Bawaan ini pula banyak dikirimkan oleh para musafir Makassar yang mau memberi dengan keluarga ataupun sahabat di wilayah asal mereka.

Ketenaran bawaan khas Makassar pula dibantu oleh bermacam alat sosial, online, ataupun offline. Banyak orang yang memberikan gambar ataupun film mengenai bawaan khas Makassar di alat sosial semacam Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, serta lain- lain. Banyak pula web website ataupun web yang membagikan data ataupun keterangan mengenai bawaan khas Makassar. Banyak pula majalah ataupun surat kabar yang menunjukkan postingan ataupun promosi mengenai bawaan khas Makassar.

Tempat Beli Oleh-Oleh

Sehabis mengenali tipe- tipe, karakteristik, serta ketenaran bawaan khas Makassar, pastinya Kamu mau ketahui di mana Kamu dapat membeli bawaan ini. Terdapat banyak tempat yang menjual bawaan khas Makassar, bagus di pasar konvensional ataupun di gerai bawaan populer. Selanjutnya merupakan sebagian tempat yang dianjurkan buat Kamu:

Pasar Tradisional

Pasar konvensional merupakan tempat yang sangat asli serta autentik buat membeli bawaan khas Makassar. Di pasar konvensional, Kamu dapat menciptakan bermacam berbagai bawaan khas Makassar dengan harga yang terjangkau serta mutu yang aman. Kamu pula dapat berhubungan langsung dengan penjualnya yang umumnya merupakan banyak orang lokal yang ramah serta jujur. Kamu pula dapat berunding harga ataupun mencicipi bawaan saat sebelum membelinya. Sebagian pasar konvensional yang populer di Makassar merupakan selaku selanjutnya:

Pasar Sentral Makassar

Pasar Esensial Makassar merupakan pasar terbanyak serta tertua di Makassar. Pasar ini berada di Jalur Sulawesi, Kecamatan Akhir Penglihatan, Kota Makassar. Pasar ini buka tiap hari dari jam 06. 00 sampai 18. 00 Waktu indonesia tengah(WITA). Pasar ini menjual bermacam berbagai benda, mulai dari materi santapan, busana, perlengkapan rumah tangga, sampai bawaan khas Makassar. Kamu dapat menciptakan bawaan semacam coto makassar, pisang epe, kapurung, sarabba, pisang ijo, serta lain- lain di pasar ini. Pasar ini pula diketahui selaku tempat darmawisata kuliner sebab banyak orang dagang yang menjajakan santapan serta minuman khas Makassar di mari.

Pasar Terong

Pasar Terong merupakan pasar yang spesial menjual bawaan khas Makassar. Pasar ini berada di Jalur Terong, Kecamatan Tallo, Kota Makassar. Pasar ini buka tiap hari dari jam 08. 00 sampai 22. 00 Waktu indonesia tengah(WITA). Pasar ini menjual bermacam berbagai bawaan khas Makassar dengan harga yang bersaing serta mutu yang bagus. Kamu dapat menciptakan bawaan semacam coto makassar, pisang epe, kapurung, sarabba, pisang ijo, serta lain- lain di pasar ini. Pasar ini pula sediakan sarana pengepakan serta pengiriman bawaan ke wilayah tujuan Kamu.

Toko Oleh-Oleh Terkenal

Gerai bawaan populer merupakan tempat yang lebih modern serta aman buat membeli bawaan khas Makassar. Di gerai bawaan populer, Kamu dapat menciptakan bermacam berbagai bawaan khas Makassar dengan harga yang bermacam- macam serta mutu yang aman. Kamu pula dapat memperoleh jasa yang handal serta ramah dari karyawan gerai. Kamu pula dapat memperoleh sarana pengepakan serta pengiriman bawaan ke wilayah tujuan Kamu. Sebagian gerai bawaan populer di Makassar merupakan selaku selanjutnya:

Toko Andi Djemma

Gerai Andi Djemma merupakan gerai bawaan yang telah berdiri semenjak tahun 1970. Gerai ini berada di Jalur Andi Djemma Nomor. 17, Kecamatan Akhir Penglihatan, Kota Makassar. Gerai ini buka tiap hari dari jam 08. 00 sampai 21. 00 Waktu indonesia tengah(WITA). Gerai ini menjual bermacam berbagai bawaan khas Makassar dengan harga yang terjangkau serta mutu yang bagus. Kamu dapat menciptakan bawaan semacam coto makassar, pisang epe, kapurung, sarabba, pisang ijo, serta lain- lain di gerai ini. Gerai ini pula sediakan sarana pengepakan serta pengiriman bawaan ke wilayah tujuan Kamu.

Toko Muda

Gerai Belia merupakan gerai bawaan yang telah berdiri semenjak tahun 1980. Gerai ini berada di Jalur Baginda Hasanuddin Nomor. 28, Kecamatan Akhir Penglihatan, Kota Makassar. Gerai ini buka tiap hari dari jam 08. 00 sampai 21. 00 Waktu indonesia tengah(WITA). Gerai ini menjual bermacam berbagai bawaan khas Makassar dengan harga yang bersaing serta mutu yang bagus. Kamu dapat menciptakan bawaan semacam coto makassar, pisang epe, kapurung, sarabba, pisang ijo, serta lain- lain di gerai ini. Gerai ini pula sediakan sarana pengepakan serta pengiriman bawaan ke wilayah tujuan Kamu.

Toko Sumber Makmur

Gerai Pangkal Mampu merupakan gerai bawaan yang telah berdiri semenjak tahun 1990. Gerai ini berada di Jalur Baginda Alauddin Nomor. 99, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Gerai ini buka tiap hari dari jam 08. 00 sampai 21. 00 Waktu indonesia tengah(WITA). Gerai ini menjual bermacam berbagai bawaan khas Makassar dengan harga yang bermacam- macam serta mutu yang bagus. Kamu dapat menciptakan bawaan semacam coto makassar, pisang epe, kapurung, sarabba, pisang ijo, serta lain- lain di gerai ini. Gerai ini pula sediakan sarana pengepakan serta pengiriman bawaan ke wilayah tujuan Kamu.

Tips Membeli Oleh-Oleh

Saat sebelum Kamu membeli bawaan khas Makassar, terdapat sebagian panduan yang butuh Kamu cermati supaya Kamu memperoleh bawaan yang cocok dengan kemauan serta keinginan Kamu. Selanjutnya merupakan sebagian panduan yang dapat Kamu lakukan:

Memilih oleh-oleh yang tepat

Kamu wajib memilah bawaan yang pas cocok dengan hasrat, budget, serta jumlah orang yang hendak Kamu bagikan. Kamu pula wajib mencermati ketersediaan, mutu, serta keawetan bawaan yang hendak Kamu beli. Bila Kamu mau membeli bawaan yang berbentuk santapan ataupun minuman, Kamu wajib membenarkan kalau bawaan itu sedang fresh, higienis, serta tidak gampang bau. Bila Kamu mau membeli bawaan yang berbentuk kerajinan ataupun benda yang lain, Kamu wajib membenarkan kalau bawaan itu mempunyai angka seni, khas, serta tidak gampang cacat.

Harga oleh-oleh

Kamu wajib mengenali harga pasar dari bawaan yang hendak Kamu beli. Kamu dapat mencari data mengenai harga bawaan di internet, alat sosial, ataupun sahabat yang sempat bertamu ke Makassar. Kamu pula dapat bertanya harga pada pedagang dengan cara santun serta nyata. Kamu wajib cerdas berunding harga supaya memperoleh harga yang cocok dengan mutu serta jumlah bawaan. Kamu pula wajib berjaga- jaga dengan pedagang yang menawarkan harga yang sangat ekonomis ataupun sangat mahal, sebab dapat jadi mereka membodohi ataupun menjual benda ilegal.

Pengepakan dan pengiriman oleh-oleh

Kamu wajib mencermati metode pembalutan serta pengiriman bawaan yang hendak Kamu membawa kembali. Kamu wajib membenarkan kalau bawaan itu dibungkus dengan apik, nyaman, serta tidak gampang bocor ataupun rusak. Kamu pula wajib membenarkan kalau bawaan itu tidak melanggar ketentuan ataupun pantangan dari kongsi penerbangan ataupun daulat yang lain. Bila bawaan itu sangat besar ataupun berat buat dibawa sendiri, Kamu dapat memakai pelayanan pengiriman yang ada di tempat pembelian ataupun di lapangan terbang. Kamu wajib memilah pelayanan pengiriman yang terpercaya, kilat, serta ekonomis.

Wisata Kuliner di Makassar

Tidak hanya membeli oleh oleh khas makassar, Kamu pula tidak bisa melupakan peluang buat menikmati darmawisata kuliner di Makassar. Makassar mempunyai banyak restoran populer yang menyuguhkan santapan khas Makassar ataupun santapan khas wilayah yang lain. Makanan- makanan ini mempunyai rasa yang enak serta menggugah hasrat. Selanjutnya merupakan sebagian restoran populer di Makassar yang harus Kamu datangi:

Restoran terkenal di Makassar

  • Restoran Nelayan: Restoran ini merupakan restoran seafood populer di Makassar. Restoran ini menyuguhkan bermacam berbagai persembahan laut fresh semacam ikan bakar, udang goreng, ketam saus padang, cumi asam manis, kijing menggodok, serta lain- lain. Restoran ini pula menyuguhkan persembahan lain semacam sop konro, ayam goreng desa, soto makassar, serta lain- lain. Restoran ini berada di Jalur Metro Tanjung Bunga Nomor. 8A, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar.
  • Restoran Sop Saudara: Restoran ini merupakan restoran sop lembu populer di Makassar. Restoran ini menyuguhkan sop lembu yang dimasak dengan bahan bumbu semacam kunyit, jahe, serai, lengkuas, ketumbar, serta lain- lain. Sop lembu dihidangkan dengan nasi putih, bawang goreng, daun bawang, serta sambal tauco. Restoran ini pula menyuguhkan persembahan lain semacam sate makassar, pallubasa( sop dalaman lembu), serta lain- lain. Restoran ini berada di Jalur Andi Pangeran Pettarani Nomor. 17, Kecamatan Makassar, Kota Makassar.
  • Restoran Rumah Makan Terkini: Restoran ini merupakan restoran olahan padang populer di Makassar. Restoran ini menyuguhkan bermacam berbagai persembahan khas padang semacam rendang, gulai, sambalado, daging kering, balado, ayam pop, serta lain- lain. Restoran ini pula menyuguhkan persembahan lain semacam nasi goreng, mie goreng, bakso, serta lain- lain. Restoran ini berada di Jalur Baginda Alauddin Nomor. 107, Kecamatan Akhir Penglihatan, Kota Makassar.

Makanan khas lain yang wajib dicoba

Tidak hanya makanan- makanan yang telah dituturkan di atas, terdapat pula santapan khas lain yang harus Kamu coba dikala bertamu ke Makassar. Selanjutnya merupakan sebagian santapan khas lain yang dapat Kamu temui di Makassar:

  • Konro: Konro merupakan santapan berbentuk tulang rusuk lembu yang dimasak dengan bahan bumbu semacam kunyit, jahe, serai, lengkuas, ketumbar, serta lain- lain. Konro dihidangkan dengan kuah pekat bercorak gelap yang berawal dari kombinasi kecap manis serta kelapa bakar. Konro mempunyai rasa yang enak, manis, serta sedikit pedas. Konro umumnya dikonsumsi dengan nasi putih ataupun burasa( kupat dari beras ketan).
  • Pallumara: Pallumara merupakan santapan berbentuk ikan tongkol yang dimasak dengan bahan asam pedas. Bahan asam pedas terdiri dari cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, asam jawa, garam, serta gula. Pallumara mempunyai rasa yang asam, pedas, serta fresh. Pallumara umumnya dikonsumsi dengan nasi putih ataupun lontong.
  • Barongko: Barongko merupakan santapan berbentuk kue pisang yang terbuat dari kombinasi pisang matang, telur ayam, santan, gula pasir, serta kerneli. Kombinasi itu setelah itu dibungkus dengan daun pisang serta dikukus sampai matang. Barongko mempunyai rasa yang manis, halus, serta wangi. Barongko umumnya dikonsumsi selaku kemilan ataupun pencuci mulut.

Keunikan Budaya Makassar

Makassar merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang terdapat di Sulawesi Selatan. Kota ini mempunyai karakteristik adat yang menarik serta beraneka ragam, bagus dari bidang adat serta adat- istiadat, ataupun kerajinan khas Makassar. Selanjutnya ini merupakan sebagian karakteristik adat Makassar yang pantas dikenal.

Adat dan Tradisi

Makassar ialah kota yang ditempati oleh bermacam kaum, semacam Bugis, Makassar, Toraja, Mandar, serta lain- lain. Tiap- tiap kaum mempunyai adat serta adat- istiadat yang berbeda- beda, tetapi senantiasa menjunjung besar nilai- nilai kekeluargaan, sopan santun, serta kegotongroyongan. Sebagian adat serta adat- istiadat khas Makassar yang sedang dilestarikan sampai dikala ini merupakan:

  • Siri na Pacce. Siri na Pacce merupakan rancangan hidup orang Makassar yang memiliki arti rasa malu( siri) serta rasa belas kasih( pacce). Orang Makassar amat melindungi harga diri mereka serta tidak ingin melaksanakan keadaan yang memalukan. Mereka pula mempunyai rasa empati yang besar kepada orang lain yang lagi sulit ataupun menginginkan dorongan.
  • Mappadendang. Mappadendang merupakan adat- istiadat memikul royong orang Makassar dalam melaksanakan profesi bersama- sama, semacam menanam antah, membuat rumah, ataupun mengurus jenazah. Adat- istiadat ini bermaksud buat memperkuat ikatan sosial antara sesama masyarakat serta menuntaskan profesi dengan lebih kilat serta berdaya guna.
  • Mappettu Terdapat. Mappettu Terdapat merupakan seremoni adat pernikahan orang Makassar yang dicoba dengan metode meminang calon mempelai perempuan dengan bawa bermacam berbagai benda bawaan, semacam sirih pinang, kain membordir, perhiasan, duit kas, serta lain- lain. Seremoni ini ialah wujud apresiasi serta hidmat pada keluarga calon mempelai perempuan.
  • Maccera Tasi. Maccera Tasi merupakan seremoni adat pembersihan kuburan kakek moyang orang Makassar yang dicoba tiap tahun pada bulan Syawal. Seremoni ini ialah wujud hidmat serta pengingat hendak asal- usul mereka. Dalam seremoni ini, para keluarga terkumpul di kuburan kakek moyang buat mensterilkan, menabur bunga, membaca berkah, serta berikan sesaji.

Kerajinan Khas Makassar

Tidak hanya adat serta adat- istiadat, Makassar pula mempunyai kerajinan khas yang memantulkan kekayaan adat serta sejarahnya. Sebagian kerajinan khas Makassar yang dapat dijadikan bawaan ataupun cinderamata merupakan:

  • Membordir Ikat. Membordir ikat merupakan kerajinan khas Makassar yang amat populer. Membordir ikat merupakan kain membordir yang terbuat dengan metode mengikat benang- benang saat sebelum ditenun alhasil membuat motif- motif khusus. Motif- motif membordir ikat Makassar umumnya melukiskan flora, fauna, ilmu ukur, ataupun simbol- simbol adat. Membordir ikat Makassar mempunyai motif terang serta bermutu besar.
  • Songket. Songket merupakan kerajinan khas Makassar yang mendekati dengan membordir ikat, tetapi mempunyai perbandingan pada cara pembuatannya. Songket merupakan kain membordir yang terbuat dengan metode membilai benang kencana ataupun perak di antara benang- benang dasarnya alhasil membuat motif- motif gemerlap. Songket Makassar umumnya dipakai selaku busana adat ataupun riasan bilik.
  • Pahatan Kusen. Pahatan kusen merupakan salah satu mimik muka seni muka yang dinilai di Makassar. Pahatan kusen umumnya terbuat dengan memakai gigolo opsi, semacam kusen asli, kusen cendana, ataupun kusen kayu besi. Pahatan kusen Makassar umumnya melukiskan bentuk- bentuk fauna, belukar, orang, ataupun ilmu ukur. Pahatan kusen Makassar dapat dijadikan selaku riasan rumah, mebel, ataupun cenderamata.
  • Perak serta Metal. Kerajinan perak serta metal pula memimpin adat kerajinan di Makassar. Kerajinan perak serta metal umumnya terbuat dengan memakai metode cor, tempa, ataupun memahat. Kerajinan perak serta metal Makassar umumnya berbentuk perhiasan, aksesori, alat- alat rumah tangga, ataupun kecil kapal phinisi. Kerajinan perak serta metal Makassar mempunyai angka estetika serta ekonomi yang besar.
  • Rajutan. Rajutan merupakan kerajinan khas Makassar yang terbuat dengan metode merangkai serat- serat natural, semacam bambu, rotan, pandan, ataupun daun melempar. Rajutan Makassar umumnya berbentuk bakul, tas, karpet, topi, ataupun tempat sirih pinang. Rajutan Makassar mempunyai bentuk- bentuk yang istimewa serta bermacam- macam.

Penutup

Oleh oleh khas makasar sedemikian itu dicari sebab mempunyai karakteristik serta ciri yang tidak dipunyai oleh wilayah lain. Bawaan khas Makassar tidak cuma menawarkan rasa serta wujud yang menarik, tetapi pula memiliki nilai- nilai adat serta asal usul yang banyak. Dengan bawa bawaan khas Makassar, kita dapat merasakan keelokan serta keanekaan Indonesia.

Akhirnya, Makassar merupakan kota yang mempunyai karakteristik adat yang luar biasa. Mulai dari adat serta adat- istiadat, sampai kerajinan khas Makassar, seluruhnya memantulkan bukti diri serta karakter warga Makassar yang ramah, santun, serta inovatif. Bila kita bertamu ke Makassar, janganlah kurang ingat buat bawa bawaan khas Makassar selaku buah tangan ataupun fakta cinta kita kepada Indonesia

Post a Comment for "Oleh Oleh Khas Makasar Wajib Kamu Beli"