Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tempat Wisata Gratis di Bandung Barat Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Gratis di Bandung Barat yang Wajib Dikunjungi - Bandung Barat merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang mempunyai banyak pesona wisata alam, adat, asal usul, kuliner, serta tamasya. Kabupaten ini terdapat di sisi barat Kota Bandung serta berbatasan dengan Kabupaten Subang, Sumedang, Cimahi, serta Bogor. Bandung Barat mempunyai besar area dekat 1. 175 km2 serta jumlah masyarakat dekat 1, 5 juta jiwa.

Banyak orang mencari tempat wisata free di Bandung Barat sebab bermacam alibi. Salah satunya merupakan buat mengirit bayaran liburan, paling utama di era endemi yang mewajibkan kita lebih berjaga- jaga dalam mengatur finansial. Tidak hanya itu, tempat wisata free pula dapat membagikan pengalaman yang tidak takluk menarik serta mengasyikkan dibanding dengan tempat wisata berbayar. Tempat wisata free umumnya lebih natural, asri, serta hening dari kemeriahan, alhasil sesuai buat melepas capek serta tekanan pikiran.

Tujuan dari postingan ini merupakan buat membagikan data mengenai tempat wisata free di Bandung Barat yang harus didatangi. Postingan ini hendak mangulas mengenai keelokan alam, kebajikan lokal serta kultur, wisata asal usul serta pembelajaran, wisata kuliner serta pertanian, dan alat berolahraga serta tamasya yang dapat dinikmati di Bandung Barat tanpa menghasilkan duit sepeser juga. Postingan ini pula hendak membagikan panduan serta data efisien yang bermanfaat buat menyiapkan kunjungan Kamu ke tempat- tempat itu.

Keindahan Alam Bandung Barat

Bandung Barat mempunyai banyak tempat wisata alam yang menawarkan panorama alam bagus serta hawa fresh. Sebagian tempat wisata alam free yang dapat Kamu datangi di Bandung Barat merupakan:

Taman Wisata Alam Lembah Maribaya

Taman Wisata Alam Lembah Maribaya

Halaman Wisata Alam Ngarai Maribaya merupakan suatu area hutan pinus yang terdapat di Dusun Cikole, Kecamatan Ceduk. Di mari Kamu dapat menikmati atmosfer alam yang adem serta hijau, dan memandang panorama alam ngarai serta gunung yang menawan. Halaman Wisata Alam Ngarai Maribaya pula mempunyai sebagian pangkal air panas yang memiliki sulfur serta diyakini berguna buat kesehatan kulit.

Kegiatan yang bisa dicoba di Halaman Wisata Alam Ngarai Maribaya antara lain merupakan bepergian di selama jalur selangkah yang dikelilingi oleh pepohonan pinus, berpotret- potret di spot- spot menarik semacam gardu penglihatan serta jembatan gantung, berendam di kolam air panas ataupun mandi uap sulfur, dan berkemah di zona camping ground yang ada. Kamu pula dapat carter sepeda ataupun jaran buat menjelajahi area ini lebih besar.

Situ Ciburuy

Sana Ciburuy merupakan suatu telaga ciptaan yang terdapat di Dusun Pamalayan, Kecamatan Bayongbong. Telaga ini terbuat pada tahun 1918 dengan tujuan buat membanjiri sawah- sawah masyarakat dekat. Sana Ciburuy mempunyai besar dekat 15 hektar serta dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. Sana Ciburuy pula menaruh angka asal usul besar dari kerajaan Thailand, ialah terdapatnya 2 prasasti aset Raja Rama V serta Raja Rama VII yang terdapat di tebing bengawan Cikapundung.

Kegiatan yang ada di Sana Ciburuy antara lain merupakan naik perahu kusen ataupun sepeda air buat berkelana telaga, berpotret- potret dengan kerangka balik panorama alam bagus serta prasasti Thailand, dan mencicipi kuliner khas sunda dari olahan ikan buruan dari telaga. Kamu pula dapat berkemah di tepi telaga ataupun carter villa yang terdapat di dekat sana.

Baca Juga : Tempat Wisata D Puncak Menawarkan Berbagai Pesona

Curug Dago

Curug Dago

Curug Dago merupakan suatu air turun yang terdapat di Dusun Dago, Kecamatan Coblong. Air turun ini mempunyai ketinggian dekat 12 m serta terletak pada ketinggian dekat 800 m di atas dataran laut. Gerakan air terjunnya hening serta nampak elok di penglihatan. Curug Dago pula mempunyai energi raih berbentuk 2 prasasti aset Raja Thailand yang terdapat di tebing bengawan Cikapundung.

Kegiatan di sekelilingnya Curug Dago antara lain merupakan bepergian di selama jalur selangkah yang dikelilingi oleh pepohonan, berpotret- potret dengan kerangka balik air turun serta prasasti Thailand, dan mandi ataupun main air di dasar air turun. Kamu pula dapat menikmati atmosfer adem serta hening di mari, dan mencermati suara gemericik air yang meredakan.

Wisata Sejarah dan Pendidikan

Bandung Barat pula mempunyai tempat wisata asal usul serta pembelajaran yang dapat menaikkan pengetahuan serta wawasan Kamu. Sebagian tempat wisata asal usul serta pembelajaran free yang dapat Kamu datangi di Bandung Barat merupakan:

Museum Geologi Bandung

Museum Ilmu bumi Bandung merupakan suatu museum yang menaruh bermacam koleksi ilmu bumi, semacam fosil, batuan, mineral, metal, serta bintang jatuh. Museum ini terdapat di Jalur Diponegoro Nomor. 57, Bandung¹. Museum ini dibuka buat biasa tiap hari melainkan Senin serta hari prei nasional. Jam operasionalnya merupakan jam 09. 00- 15. 30 Wib. Karcis masuknya free, tetapi Kamu wajib mencatat terlebih dulu dengan cara online di web sah museum.

Koleksi yang menarik di Museum Ilmu bumi Bandung antara lain merupakan fosil orang purba dari Sangiran, fosil gajah purba dari Trinil, fosil buaya purba dari Patiayam, fosil jaran nil purba dari Ngawi, fosil ikan hiu raksasa dari Wonosari, fosil belukar dari Sumatera, batu akik dari bermacam wilayah di Indonesia, batu agung dari Kalimantan serta Sulawesi, batu bintang jatuh dari Sumatera serta Jawa, dan denah ilmu bumi Indonesia. Kamu pula dapat memandang replika gunung berkobar serta guncangan alam di museum ini.

Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha merupakan suatu observatorium astronomi tertua di Indonesia yang berada di Jalur Peneropongan Bintang Nomor. 45, Lembang³. Observatorium ini dibuat pada tahun 1923 oleh Nederlandsch- Indische Sterrekundige Vereeniging( NISV) ataupun Perhimpunan Astronomi Hindia Belanda. Observatorium ini mempunyai sebagian teleskop yang dipakai buat mencermati barang- barang langit, semacam bintang, planet, bulan, bintang berasap, serta planetoid.

Kegiatan edukatif yang dapat dicoba di Observatorium Bosscha antara lain merupakan menjajaki kunjungan terbuka yang diselenggarakan tiap hari Sabtu serta Pekan pada jam 09. 00- 12. 00 Wib ataupun pada malam hari pada jam 18. 00- 21. 00 WIB⁴. Kamu pula dapat menjajaki kunjungan spesial yang diselenggarakan tiap hari Selasa hingga Jumat dengan membuat reservasi terlebih dulu dengan cara online di web sah observatorium. Karcis masuknya free, tetapi Kamu wajib melunasi bayaran administrasi sebesar Rp 10. 000 per orang.

Wisata Kuliner dan Pertanian

Bandung Barat pula mempunyai tempat wisata kuliner serta pertanian yang dapat memanjakan lidah serta mata Kamu. Sebagian Tempat wisata gratis di Bandung Barat wisata kuliner serta pertanian free yang dapat Kamu datangi di Bandung Barat merupakan:

Kebun Teh Walini

Ladang Teh Walini merupakan suatu perkebunan teh yang terdapat di Jalur Raya Pucuk Kilometer 87, Monumen Selatan⁶. Ladang teh ini mempunyai besar dekat 1. 500 hektar serta diatur oleh PT Perkebunan Nusantara VIII. Ladang teh ini menawarkan panorama alam hijau perbukitan yang bagus serta hawa adem yang menyehatkan.

Rekreasi ladang teh yang dapat dicoba di Ladang Teh Walini antara lain merupakan bepergian di selama jalur selangkah yang dikelilingi oleh pohon- pohon teh, berpotret- potret dengan kerangka balik ladang teh, berlatih mengenai cara penanaman serta pemanenan teh, dan mencicipi teh fresh dari hasil penciptaan ladang teh. Kamu pula dapat berkemah di zona camping ground yang ada ataupun carter villa yang terdapat di dekat ladang teh.

Pasar Simpang Dago

Pasar Simpang Dago merupakan suatu pasar konvensional yang terdapat di Jalur Ir. H. Juanda( Dago), Bandung. Pasar ini menjual bermacam produk keinginan utama serta sembako, semacam beras, terigu, gula, garam, sayur mayur, bawang, cabai, ikan, ayam, serta yang lain. Pasar ini pula menjual bermacam kuliner khas Bandung Barat, semacam batagor, siomay, cimol, cireng, pisang goreng, serta yang lain.

Kuliner khas Bandung Barat yang dapat dinikmati di Pasar Simpang Dago antara lain merupakan batagor Simpang Dago yang populer dengan rasa enak serta pedasnya, siomay Simpang Dago yang dibuat dari ikan tenggiri serta dihidangkan dengan bahan kacang serta sambal⁹, cimol Simpang Dago yang ialah bola- bola aci bertam yang digoreng serta dicocol dengan saus pedas manis[^10^], cireng Simpang Dago yang ialah kependekan dari benar digoreng yang dibuat dari aci bubur sagu serta dihidangkan dengan bahan rujak, pisang goreng Simpang Dago yang dibuat dari pisang raja yang digoreng dengan aci serta gula pasir serta dihidangkan dengan keju kukur ataupun coklat leleh, serta yang lain.

Kearifan Lokal dan Kebudayaan

Tempat wisata gratis di Bandung Barat mempunyai tempat wisata kebajikan lokal serta kultur yang dapat memahami lebih dekat adat- istiadat serta nilai- nilai warga Sunda. Sebagian tempat wisata kebajikan lokal serta kultur free yang dapat Kamu datangi di Bandung Barat merupakan:

Kampung Adat Ciptagelar

Kampung Adat Ciptagelar

Desa Adat Ciptagelar merupakan suatu desa adat yang ditempati oleh orang Ciptagelar yang ialah sub- etnis dari kaum Sunda. Desa adat ini terdapat di Dusun Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi¹. Desa Adat Ciptagelar tidaklah suatu tempat wisata, melainkan golongan warga adat- istiadat yang melaksanakan serta melestarikan anutan serta peninggalan dari para leluhur². Desa Adat Ciptagelar mempunyai asal usul jauh, dan karakteristik khas, paling utama dalam kondisi daya tahan pangan. Desa Adat Ciptagelar diucap pula dengan Aturan Kasepuhan Ciptagelar.

Kegiatan yang bisa dinikmati di Desa Adat Ciptagelar antara lain merupakan berhubungan dengan masyarakat setempat yang ramah serta apa adanya, mencermati kehidupan tiap hari yang simpel serta serasi, berlatih mengenai adat, adat istiadat, serta sistem keyakinan yang sedang kokoh dipertahankan, memandang bermacam gedung konvensional yang dibuat dari bambu serta kusen, dan mencicipi santapan khas yang berawal dari hasil alam semacam nasi tutug oncom, peuyeum, serta sayur asem³. Kamu pula dapat menginap di rumah- rumah masyarakat dengan melunasi cocok dengan perjanjian.

Kampung Naga

Desa Dragon merupakan suatu perkampungan konvensional Sunda yang terdapat di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat⁴. Desa ini ialah sesuatu perkampungan yang ditempati oleh segerombol warga yang amat kokoh dalam menggenggam adat istiadat aset kakek moyang, dalam perihal ini merupakan adat Sunda. Semacam kawasan tinggal Badui, Desa Dragon jadi subjek amatan antropologi hal kehidupan warga pedesaan Sunda pada era pancaroba dari akibat Hindu mengarah akibat Islam di Jawa Barat⁵.

Kegiatan yang dapat dicoba di Desa Dragon antara lain merupakan bepergian di selama jalur selangkah yang dikelilingi oleh pohon- pohon bambu, berpotret- potret dengan kerangka balik perkampungan yang bagus serta asri, mencermati bermacam rumah pentas yang beratap serabut serta bertembok kusen, memandang bermacam perabotan rumah tangga yang dibuat dari bambu serta rajutan, dan berlatih mengenai asal usul, adat istiadat, serta sistem keyakinan yang sedang dipraktikkan oleh masyarakat Desa Naga. Kamu pula dapat berupaya santapan khas semacam nasi timbel, ayam goreng, sambal segera, serta lalapan.

Saung Angklung Udjo

Gubuk Angklung Udjo merupakan suatu tempat wisata adat serta bimbingan yang komplit, sebab mempunyai arena pementasan, pusat kerajinan bambu, serta workshop buat perlengkapan nada bambu⁷. Gubuk Angklung Udjo terdapat di Jalur Padasuka 118, Bandung Timur⁸. Gubuk Angklung Udjo dibuat pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena serta istrinya Uum Sumiati, dengan arti buat melestarikan serta menjaga seni serta kultur konvensional Sunda, spesialnya angklung⁹. Gubuk Angklung Udjo pula mempunyai tujuan selaku makmal kependidikan serta pusat berlatih buat menjaga kultur Sunda serta spesialnya angklung pada warga lewat alat pembelajaran serta pelatihan.

Kegiatan yang dapat dicoba di Gubuk Angklung Udjo antara lain merupakan menyaksikan pementasan bambu yang bermuatan sebagian performa pendek yang dahsyat, semacam unjuk rasa boneka golek, seremoni helaran, seni tari konvensional, angklung pendatang baru, angklung orkestra, masal, serta arumba⁹. Di akhir pementasan, para pemirsa hendak dibawa buat main angklung bersama kanak- kanak serta berajojing bersama mereka. Kamu pula dapat memandang bermacam produk perlengkapan nada bambu konvensional yang terbuat serta dijual di mari, semacam angklung, arumba, calung, serta yang lain. Kamu pula 

Tips dan Informasi Praktis

Saat sebelum Kamu mendatangi Tempat wisata gratis di Bandung Barat, terdapat sebagian panduan serta data efisien yang butuh Kamu tahu, antara lain:

Sarana Olahraga dan Rekreasi

Bandung Barat pula mempunyai tempat wisata berolahraga serta tamasya yang dapat membuat Kamu lebih aktif serta bergairah. Sebagian tempat wisata berolahraga serta tamasya free yang dapat Kamu datangi di Bandung Barat merupakan:

Taman Rekreasi Puncak Bintang

Halaman Tamasya Pucuk Bintang merupakan suatu halaman yang terdapat di Jalur Raya Pucuk Bintang, Cisarua. Halaman ini mempunyai besar dekat 10 hektar serta terletak pada ketinggian dekat 1. 200 m di atas dataran laut. Halaman ini menawarkan panorama alam kota Bandung dari ketinggian, dan atmosfer alam yang asri serta adem.

Kegiatan tamasya yang dapat dicoba di Halaman Tamasya Pucuk Bintang antara lain merupakan bepergian di selama jalur selangkah yang dikelilingi oleh pepohonan, berpotret- potret dengan kerangka balik panorama alam kota Bandung, menikmati sunset ataupun sunrise dari gardu penglihatan, dan main di zona main kanak- kanak yang ada. Kamu pula dapat berkemah di zona camping ground yang ada ataupun carter villa yang terdapat di dekat halaman.

Taman Lalu Lintas

Halaman Kemudian Rute merupakan suatu halaman yang terdapat di Jalur Belitung Nomor. 1, Bandung. Halaman ini mempunyai besar dekat 3, 5 hektar serta didesain selaku tempat bimbingan serta tamasya untuk kanak- kanak. Halaman ini mempunyai bermacam sarana, semacam jalur raya kecil, lampu kemudian rute, rambu- rambu, marka jalur, alat transportasi kecil, gedung- gedung kecil, halaman main, kolam renang, serta yang lain.

Kegiatan buat kanak- kanak yang dapat dicoba di Halaman Kemudian Rute antara lain merupakan berlatih mengenai peraturan kemudian rute dengan mengemudikan alat transportasi kecil, berpotret- potret dengan kerangka balik gedung- gedung kecil, main di halaman main yang dilengkapi dengan perosotan, buaian, jungkat- jungkit, serta yang lain, dan berenang di kolam renang yang terdapat di halaman. Kamu pula dapat menikmati kuliner khas Bandung dari warung- warung yang terdapat di dekat halaman.

Tips dan Informasi Praktis

Saat sebelum Kamu mendatangi tempat wisata free di Bandung Barat, terdapat sebagian panduan serta data efisien yang butuh Kamu tahu, ialah:

  • Jam operasional: Tiap tempat wisata free mempunyai jam operasional yang berbeda- beda. Kamu wajib memeriksa jam operasionalnya terlebih dulu saat sebelum bertamu. Sebagian tempat wisata free bisa jadi menginginkan reservasi terlebih dulu dengan cara online ataupun offline.
  • Akses serta pemindahan: Buat menggapai tempat wisata free di Bandung Barat, Kamu dapat memakai alat transportasi individu ataupun alat transportasi biasa. Bila memakai alat transportasi individu, yakinkan situasi alat transportasi Kamu dalam kondisi bagus serta sedia buat melampaui jalanan yang bermacam- macam. Bila memakai alat transportasi biasa, Kamu dapat memakai bis, angkot, ojek online, ataupun taksi. Yakinkan Kamu mengenali arah serta tarifnya terlebih dulu.
  • Sarana biasa: Sebagian tempat wisata free bisa jadi tidak mempunyai sarana biasa yang komplit, semacam kamar kecil, mushola, tempat kotor, gerai makan, ataupun parkir. Kamu wajib menyiapkan keinginan Kamu sendiri, semacam bawa air minum, santapan enteng, tisu berair ataupun kering, obat- obatan individu, ataupun perlengkapan sholat. Kamu pula wajib mencari tempat parkir yang nyaman serta tidak mengusik orang lain.
  • Etika serta melindungi kebersihan: Kala bertamu ke tempat wisata free di Bandung Barat, Kamu wajib melindungi etika serta kebersihan. Kamu wajib meluhurkan masyarakat dekat, pengelola, serta wisatawan yang lain. Kamu pula wajib melindungi kebersihan area dengan tidak membuang kotor asal- asalan, mengganggu sarana, ataupun mengusik flora serta fauna yang terdapat di situ. Kamu wajib melindungi tempat wisata free ini supaya senantiasa terpelihara serta kekal.

Kesimpulan

Tempat wisata free di Bandung Barat merupakan salah satu opsi yang pas buat memuat durasi senggang Kamu tanpa menghasilkan duit sepeser juga. Kamu dapat menikmati keelokan alam, adat, asal usul, kuliner, serta tamasya yang ditawarkan oleh tempat- tempat ini. Kamu pula dapat berlatih banyak perihal serta memperoleh pengalaman yang bernilai dari tempat- tempat ini. Tempat wisata free di Bandung Barat merupakan fakta kalau wisata tidak wajib mahal serta dapat dinikmati oleh siapa saja.

Mari, janganlah ragu buat menjelajahi Tempat wisata gratis di Bandung Barat. Kamu tentu hendak kagum oleh pesona wisata yang dipunyai oleh kabupaten ini. Janganlah kurang ingat buat menyiapkan seluruh sesuatunya dengan bagus serta melindungi etika serta kebersihan kala bertamu. Aman melancong free di Bandung Barat!

Post a Comment for "Tempat Wisata Gratis di Bandung Barat Yang Wajib Dikunjungi"